Begini Kronologi Wisatawan Asal Singapura Jadi Korban Gigitan Komodo Manggarai Barat

Posted By DETIK UTARA on Senin, 15 Mei 2017 | Mei 15, 2017

Nasib nahas dialami Loh Lee Aik (68)

Nasib nahas dialami Loh Lee Aik (68). Fotografer asal Singapura ini digigit komodo di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (3/5/2017).

“Wisatawan asing asal Singapura yang juga adalah fotografer ini digigit oleh seekor komodo di wilayah pegunungan atau sekitar 200 meter dari arah pustu (puskesmas pembantu) Desa Komodo,” kata Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast kepada Kompas.com, Rabu (4/5/2017) malam.

Jules menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. Menurut dia, kejadian itu bermula ketika pada Senin (1/5/2017), Loh berangkat dari Labuan Bajo (ibu kota Kabupaten Manggarai Barat) menuju Kampung Komodo dan menginap di rumah warga masyarakat bernama H Kasing, dengan tujuan untuk mengumpulkan foto aksi komodo.

Kemudian, pada Selasa 2 Mei 2017, saat Loh berjalan-jalan mengelilingi Kampung Komodo tersebut, ia melihat ada seekor kambing yang digigit seekor komodo di kompleks Pekuburan Umum dekat pustu Desa Komodo, namun dia tidak sempat mendokumentasikannya.

Selanjutnya, Loh mendapatkan informasi dari warga setempat bahwa jika sudah ada kambing yang digigit komodo dan kemudian mati, pasti komodo akan turun dari gunung untuk memangsa kambing yang sudah mati itu.

Setelah itu keesokan harinya yaitu Rabu 3 Mei 2017 Sekitar pukul 08.00 Wita, Loh datang ke tempat bangkai kambing yang telah mati di pegunungan sekitar 200 meter dari arah Pustu Desa Komodo tanpa didampingi ranger atau warga masyarakat untuk melakukan pengambilan gambar.

“Setelah sampai di lokasi kejadian, korban (Loh) melihat seekor komodo sedang memangsa seekor kambing, sehingga korban pun berusaha untuk mengabadikan momen tersebut.

Namun korban tidak tahu ada seekor komodo kecil yang berada di sekitar korban yang kemudian langsung menggigit betis kaki bagian kiri hingga mengalami luka robek,” kata Jules.

Kemudian sekitar pukul 08.30 Wita, masyarakat memberitahu Bhanbinkamtibmas Desa Komodo, Bripka Anhar bahwa ada orang yang digigit komodo.

Anggota polisi itu dibantu warga langsung melakukan pertolongan terhadap dan mengevakuasi korban ke Pustu Desa Komodo untuk dilakukan pertolongan pertama.

Korban menjalani penjahitan pada lukanya dan diberikan obat antibiotik. Setelah itu Bhabinkamtibmas Bripka Anhar dibantu warga, mengantarkan korban menuju Labuan Bajo menggunakan perahu nelayan setempat guna pengobatan lanjutan.

Di tengah perjalanan, korban dijemput Tim Basarnas dan Pos AL agar lebih cepat sampai Labuan Bajo untuk dibawa menuju Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo.
Blog, Updated at: Mei 15, 2017

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mau dapetin bonus kemerdekaan indonesia yang ke 73 dan asian game nanti,
    tunggu apalagi gabung sekarang juga di donacopoker.net agen judi kartu online terpercaya
    agar kalian tidak ketinggalan bonus menariknya
    untuk info selanjutnya bisa langsung hubungi kontak kami di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus

Popular Posts